yuk pahami apa itu Multi Level Marketing (MLM)?

Apa itu Multi Level Marketing adalah model bisnis di mana tenaga penjualan seperti konsultan penjualan, distributor, dan bahkan pemilik waralaba dan pemilik independen bekerja secara harmonis untuk meningkatkan penjualan produk, berdasarkan komisi. Ini lebih seperti pengaturan waralaba di mana penjualan produk tergantung pada upaya gabungan dari masing-masing waralaba dan manajer regional. Ada beberapa tingkat orang yang menerima komisi. Biasanya ada tujuh level atau lebih. Pemasaran multilevel pada dasarnya merupakan kombinasi dari waralaba dan pemasaran langsung.

Konsep ini dimulai pada tahun 1980 ketika sebagian besar perusahaan mulai menangani masalah stok dan distribusi dan mulai memberi kompensasi kepada semua individu yang terlibat. Hal ini meningkatkan minat setiap anggota dalam mempromosikan penjualan karena peluang mendapatkan bonus dan sejak itu perusahaan Pemasaran Multilevel telah mengambil tanggung jawab mengambil pesanan, mengirim barang, dan membayar pendapatan. Hal menjadi lebih mudah dengan transisi ke Internet. Promosi produk, iklan dan penjualan dilakukan secara online dan karenanya, seluruh proses mulai dikenal sebagai MLM online.

Ada berbagai rencana kompensasi MLM. Menurut rencana yang memisahkan satu lantai atau tangga, ada dua jenis distributor yang melibatkan manajer dan non-manajer. Menurut rencana matriks, lebar setiap tingkat dalam grup distributor diatur. Dalam paket biner, batas setiap lebar level memiliki dua kaki. Komisi dibayarkan ketika kedua kaki mencapai target tertentu. Dalam skema elevator, distributor membayar perpecahan setelah sejumlah unit telah dibayarkan.

Komisi dibayarkan dalam dua cara, yang pertama mengatakan bahwa komisi dibayar hanya jika produk tersebut dijual dan yang kedua melibatkan komisi pembayaran bahkan jika pelanggan baru mendaftar, tidak mengharuskan pelanggan untuk membeli apa pun. Karena metode kedua MLM tidak sah atau piramid ilegal mulai muncul. Anggota perantara digunakan untuk membuat pendaftaran pelanggan proxy untuk menerima komisi dan mereka digunakan untuk menggoda peserta untuk membeli lebih banyak produk daripada yang dapat dijual. Tetapi karena sebagian besar bisnis ini menampilkan diri sebagai legal, tindakan pencegahan harus diambil. Lebih baik mendekati bisnis yang mengikuti metode komisi pertama, di mana wajib untuk melakukan penjualan dan bukan hanya merekrut pelanggan. Di sini uang tidak dibayar untuk pendaftaran pelanggan sama sekali. Pemasaran MLM sedang dipraktikkan di seluruh Amerika Serikat dan di ratusan negara lain.

Pada tahun 1979, Amway Corporation dituduh menetapkan harga. Mereka membesar-besarkan klaim penjualan, sementara distributor mereka menjual produk dengan harga minimum. Setelah itu, FTC memperingatkan semua perusahaan multi-level yang komisinya didasarkan pada perekrutan dan bukan penjualan. Pada tahun 2006, semua penjual bisnis termasuk organisasi MLM diminta untuk memberikan informasi lengkap kepada pelanggan, sesuai dengan Aturan Peluang Bisnis yang diperkenalkan oleh Federal Trade Commission, sehingga dapat menyelamatkan mereka dari penipuan. Sebelum itu banyak program motivasi dimulai yang menyembunyikan kebenaran. Program semacam itu dikenal sebagai program pemujaan.

Hukum telah dibuat lebih kuat. Sebagai ukuran, skema piramida dilarang di sebagian besar negara. Semua tenaga penjualan yang baru dipekerjakan harus menanggung biaya pelatihan awal dan material. Mereka bahkan harus membeli sejumlah besar persediaan. Untuk menguji legalitas pemasaran MLM, aturan 70% sedang dilaksanakan. Anggota dihentikan dari over-loading sehingga meningkatkan komisi mereka. Hanya ketika tujuh puluh persen persediaan terjual, pesanan dapat dibuat untuk materi baru.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *