7 Perkembangan yang Ditunjukkan Oleh Bayi 3 Bulan

Mendampingi setiap tahapan tumbuh kembang anak merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Jatuh cinta sebelum bertemu, adalah gambaran akan rasa kasih orang tua untuk buah hati. Bahkan hingga si kecil terlahir, maka bertambah pula cinta untuk buah hati. Apa lagi jika kini si kecil sudah memasuki usia bayi 3 bulan, dimana anak tengah lucu-lucunya dan mengalami perkembangan yang pesat.

Perlu diketahui bahwa bayi sudah mampu mengenali sang ibu setelah si kecil lahir ke dunia. Akan tetapi alat indera pada bayi baru berfungsi secara optimal saat si kecil berusia 3 bulan. Pada tahapan ini si kecil mulai belajar mengangkat hingga menegakkan kepalanya karena otot leher sudah lebih kuat.

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Berikut adalah perkembangan-perkembangan yang ditunjukkan oleh si kecil saat memasuki usia 3 bulan.

  1. Telapak tangan terbuka-tertutup

Si kecil mulai menunjukkan perkembangan yang siginifikan, dimana pada usia ini si kecil sudah mampu membuka-menutup telapak tangannya. Ini akan semakin terlihat ketika anak diberi stimulus berupa mainan, dimana tangan si kecil akan tergerak untuk mengambil atau menarik-narik mainan tersebut.

  1. Lambung mulai bekerja optimal

Seiring pertambahan usianya, lambung bayi mulai berfungsi secara optimal. Ini bisa dilihat dari semakin banyaknya ASI atau susu formula yang diminum oleh anak. Apabila anak kenyang, maka jam tidurnya akan bertambah dan lebih berkualitas. Jam tidur yang semula berantakan bisa lebih teratur karena lambung berfungsi dengan baik sehingga ASI yang diminum dapat dicerna dengan semestinya.

  1. Cenderung memasukkan benda ke dalam mulut

Bayi 3 bulan juga mulai terlihat sering memasukkan benda apa pun ke dalam mulutnya. Namun yang paling sering adalah si kecil terus-menerus memasukkan tangan ke dalam mulut. Ini normal, hanya saja Anda harus selalu memantau si kecil. Jangan sampai ada benda-benda berbahaya yang dipegang dan dimainkan oleh anak.

  1. Koordinasi mata

Koordinasi mata mulai terlihat saat si kecil mengikuti objek yang diperlihatkan padanya. Coba gantungkan mainan di atasnya lalu goyangkan mainan perlahan. Perhatikan, si kecil akan mulai fokus untuk melihat mainan tersebut.

  1. Tidak takut dengan bayi lainnya

Seiring pertumbuhannya, anak mulai mampu bersosialisasi. Pada usia 3 bulan ini si kecil juga mulai menunjukkan kemampuannya dalam bersosialisasi. Ini bisa dilihat dari antengnya anak ketika bermain dengan bayi yang seusianya. Selain itu bayi juga tidak takut apabila diajak oleh anggota keluarga lainnya.

  1. Belajar menirukan suara

Semakin sering Anda mengajak si kecil berbicara, maka pendengaran anak akan terbiasa mendengar kosa kata. Inilah yang kemudian menjadikan anak mulai mengeluarkan suara seolah-olah mengerti apa yang tengah Anda bicarakan.

  1. Lebih ekspresif

Pada bayi 3 bulan, maka Anda akan melihat bagaimana bayi yang semakin terlihat ekspresif. Bayi mulai bisa menunjukkan apa yang tengah dirasakannya. Ini menjadi PR baru bagi Anda untuk lebih peka terhadap kode yang diberi si kecil. Mulai dari tangisan, rengekan, maupun jeritan. Kode-kode ini bisa menandakan bahwa bayi sedang lapar, kepanasan maupun sedang buang air.

Demikianlah beberapa perkembangan yang terlihat pada bayi berusia 3 bulan. Menyenangkan sekali ya apabila bisa menjadi saksi dari setiap tahapan perkembangan anak. Apa lagi masa kecil anak tidak akan terulang kembali, sehingga memanfaatkan setiap momen bersama si kecil merupakan keharusan. Memberikan stimulus terbaik untuk mengoptimalkan daya tumbuh kembang anak juga tidak sangat disarankan.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *